Cara Konfigurasi Google Webmaster

Cara Konfigurasi Google Webmaster
EDUKATIF BLOG. Ternyata kita sudah sampai diujung materi yang terangkum dalam Asmara SEO Blogger. Adapun isi dari materi yang terangkum dalam Asmara SEO Blogger adalah sebagai berikut :
Dan semua Artikel yang terkait diatas adalah pengalaman pribadi saya. Artinya semua isi, penjelasan dan eksperimen timbul dan saya buat sendiri. silahkan anda ambil sisi baiknya karena setiap Blogger mempunyai persepsi dan pengalaman berbeda dalam dunia Per-Blogger-an. saya mohon maaf sebesar-besarnya jika ada kesalahan, keteledoran serta kesan yang buruk dimata anda serta ketidak sengajaan tedapatnya kata-kata yang menyinggung.

Baiklah, adapun ujung dari ini materi yang terangkum dalam Asmara SEO Blogger adalah Cara Konfigurasi Google Webmaster. Kenapa harus ditaruh diakhir? padahal ini kan penjelasan yang paling penting..!! nah mungkin pertanyaan itu yang timbul dibenak anda. alasan saya menempatkan artikel ini di akhir dari sekian rentetan  artikel SEO adalah:
Jika kita meng-konfigurasi Webmaster Google terlebih dahulu sebelum memperbaiki dan mengolah kesepurnaan template, dikhawatirkan Google Webmaster memberikan kesan buruk terhadap blog kita
Jika sudah faham dengan penjelasan saya diatas, mari kita simak materi terakhir Asmara SEO Blogger yaitu Cara Konfigurasi Google Webmaster

CARA PERTAMA 
DAFTAR GOOGLE WEBMASTER
  1. Pada cara pertama ini silahkan anda daftar/sign up ke google webmaster, silahkan klik LINK ini 
  2. Pada halaman Google Webmaster Tools , Klik tombol Add a Site lalu masukkan alamat blog yang ingin anda daftarkan. Setelah itu klik Continue.
  3. Pada halaman Verify Ownership kita diminta untuk melakukan verifikasi blog. verifikasi blog adalah upaya google untuk meyakinkan apakah blog tersebut benar-benar milik anda atau bukan. ada beberapa cara untuk memverikasi blog diantaranya adalah:
  • Use your Google Analytics account >>Menggunakan kode Google Analitycs pada blog anda
  • Add a DNS record to your domain's configuration >>Menambahkan DNS record pada domain registrasi atau hosting provider
  • Add meta tag to your site's home page >> Menyisipkan kode meta tag yang disediakan kedalam kode HTML blog.
  • Upload an HTML file to your server >>Kita akan diminta untuk mendownload sebuah file HTML yg disediakan kemudian menguploadnya ke blog kita.
Saya menyarankan anda untuk menggunakan Upload an HTML karena prosesnya sangat mudah. adapun caranya adalah sebagai berikut:
  • Klik Unduh  file verifikasi HTML ini >> Maka andapun mengunduh file tersebut
  • Pada saat mendownload file tersebut ada 2 pertanyaan dari browser yaitu Buka dengan Browser atau Simpan file. maka pilihlah Buka dengan Browser >> Jika prosesnya benar maka akan terverikasi
  • Langkah selanjutnya adalah kembali ke Webmaster untuk mengecek apakah blog anda sudah terverikasi atau belum. 
  • Jika sudah terverikiasi maka langkah selanjutnya adalah meng-Konfigurasi situs


CARA KEDUA
KONFIGURASI SITUS
Mengkonfigurasi situs/blog pada cara kedua yang saya maksudkan disini adalah Mensubmit Sitemap. 
Sitemap adalah Informasi yang berisi mengenai URL-URL yang ada pada situs tersebut, seperti sebuah peta untuk search engine. bukan hanya URL saja yang ada pada sitemap, tetapi juga berisi metadata. metadata merupakan informasi mengenai kapan terakhir kali situs/blog di update, seberapa sering situs di update, dan kapan situs itu di update.

Kegunaan Sitemap
Sitemap memberi informasi URL-URL sebuah situs/blog yang dapat di jelajahi oleh robot search engine.
Robots.txt adalah Sebuah file dengan sebuah fungsi yang di gunakan untuk membatasi akses robot mesin pencari (Search engine misal : Google,Bing,Yahoo) yang sedang menjelajahi atau membuka situs web yang anda miliki . Sebelum mereka mejelajahi halaman web, mereka memeriksa terlebih dahulu untuk melihat apakah sebuah file robots.txt ada ataukah tidak , dan di dalam robots.txt ada perintah (command) yang mencegah mereka mengakses halaman tertentu.
Robot-robot search engine ini akan mudah menemukan Url situs tersebut dan dengan cepat mengindeks seluruh url-url yang berada dari situs tersebut. Apabila Anda tidak menggunakan sitemap, robot search engine akan tetap bisa mengindeks situs anda tetapi membutuhkan waktu, karena robot search engine akan menjelajahi situs anda per halaman. Bayangkan apabila Anda memiliki puluhan artikel bahkan sampai ratusan artikel, ini akan sangat sulit untuk robot search engine menjelajahi mengindeks situs anda.

Jika sudah mengerti mari kita men-submit Sitemap Blog kita ke webmaster. langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Pada Webmaster Klik Tab PENGOPTIMALAN >> Kemudian Pilih PETA SITUS
  • Kemudian klik TAMBAHKAN/UJI PETA SITUS
  • Pada Kotak tersebut masukkan kode dibawah ini satu-persatu
sitemap.xml
atom.xml
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
feeds/posts/default
rss.xml
  • Kemudian Klik MENGIRIM PETA SITUS
Pada tahap Submit Sitemap/Peta Situs sudah selesai, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan URL Artikel-artikel anda di webmaster agar terindeks di pencarian google.


CARA KETIGA
MENDAFTARKAN URL-URL ARTIKEL BLOG KE GOOGLEBOT WEBMASTER
Adapun langkah-langkah men-submit/mendaftarkan url-url artikel blog ke webmaster adalah sebagai berikut:
  • Klik Tab KESEHATAN
  • Kemudian klik Ambil Sebagai Google/ Fetch as Googlebot
  • Copy URL Artikel anda dan paste pada kotak Googlebot
Jika seandainya URL Artikel/ Posting anda adalah : http://edukatif.blogspot.com/2012/11/cara-merubah-blog-menjadi-dofollow.html. maka anda hanya perlu meng-copy mulai 2012/11/cara-merubah-blog-menjadi-dofollow.html dan mem-pastekannya ke dalam kotak
  • Jika sudah di Paste, silahkan klik AMBIL, beberapa saat dan nanti akan muncul tulisan KIRIMKAN KE INDEKS, jika sudah muncul tulisan tersebut maka Klik-lah Tulisan KIRIMKAN KE INDEKS  tersebut.
  • Silahkan masukkan seluruh URL Artikel/ Posting anda sesuai dengan cara diatas.
Langkah mendaftarkan URL Artikel ke Googlebot sudah selesai. langkah selanjutnya Cara Menanam Meta Tag

Asmara SEO Blogger
Tutorial Super lengkap SEO
Pengalaman pribadi belajar SEO Blogger
Cara Konfigurasi Google Webmaster
Cara Konfigurasi Google Webmaster Cara Konfigurasi Google Webmaster, By. Ary Anshorie
Published: 2013-01-12T23:22:00+08:00
4.5 - 1 Reviewed by Edukatif Blog
Silahkan copy artikel tentang Cara Konfigurasi Google Webmaster ini kedalam blog anda dengan menyertakan link sumbernya

0 komentar:

Poskan Komentar

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai bahasan artikel. menaruh link hidup dianggap spam dan akan segera dihapus

 
Support : Mangkuraja.com | Facebook | Google+
Copyright © 2012. EDUKATIF BLOG - All Rights Reserved